BANK SOAL ESAY DAN PEMBAHASAN KELAS X

Postingan kali ini bertujuan agar mempermudah para pelajar dan guru-guru di Indonesia untuk mempelajari soal-soal dalam Mata Pelajaran sejarah.
Semoga mudah dipahami dan bisa menjadi ladang Ilmu untuk kita.

1. Sebutkan ciri-ciri kehidupan Manusia masa food producing !
  • Bercocok Tanam
  • Berternak
  • Menangkap Ikan
  • Membuat wadah dari gerabah
  • Hidup Menetap
  • Membuat rumah panggung
  • sudah mengenal tembikar dan menenun
2. Jelaskan corak kehidupan masyarakat zaman Neolitikum !
  • Penduduknya sudah menetap
  • Perkakasnya terbuat dari batu yang sudah dihaluskan
  • sudah dapat memproduksi makanan (Food Producing)
3. Jelaskan penyebab zaman Neolitikum mengalami perkembangan yang sangat pesat dibandingkan zaman sebelumnya !
  • Zaman Neolitikum mengalami perkembangan yang sangat pesat dibandingkan zaman sebelumnya disebabkan adanya migrasi secara bergelombang penduduk proto-melayu dari Yunnan, Cina Selatan ke Asia Tenggara, termasuk ke Indonesia. Pendatang baru tesebut membawa kebudayaan kapak persegi. Peninggalan kebudayaan zaman Neolitikum hampir diseluruh kepulauan Nusantara, sehingga menurut R,. Soekmono Kebudayaan Neolitikum ini lah yang menjadi dasar kebudayaan Indonesia sekarang.
4. Proses pengumpulan data dalam sejarah disebut ...
  • Heuristik : Heuristik adalah langkah untuk berburu dan mengumpulkan berbagai sumber data yang terkait dengan masalah yang sedang diteliti.
5. Jelaskan mengapa Sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia !
  • Karena sejarah adalah pengalaman kelompok manusia, jika sejarah dilupakan atau diabaikan, kita sebenarnya berhenti jadi manusia. Tanpa sejarah  manusia tidak mengetahui pengetahuan tentang dirinya. untuk itu, manusia yang mempunyai rasa tanggung jawab, biasanya menyadari kedudukan sejarah sebagai sesuatu yang urgen dalam kehidupan, terutama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. Sebagian besar pengetahuan yang kini ada dan berkembang merupakan warisan sejarah. oleh karena itu sejarah terjadi dan berkembang di sekitar kehidupan manusia.
6. Zaman sejarah ditandai dengan ...
  • Adanya perbedaan antara zaman sejarah dan praaksara yaitu pada Zaman sejarah sudah dikenal tulisan sedangkan zaman praaksara belum mengenal tulisan.
7. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan subjektivitas dalam penulisan sejarah ....
  • Diantaranya adalah :
  1. Perbedaan penafsiran dan latar belakang penulisnya
  2. sikap berat sebelah pribadi
  3. prasangka kelompok
  4. pandangan hidup yang berbeda tentang penggerak sejarah.
8. Sebutkan arti penting sejarah dalam kehidupan masyarakat ?
  • Arti penting sejarah dalam kehidupan masyarakat diantaranya
  1. Memberikabn kesadaran waktu
  2. Memperkokoh rasa kebangsaan
  3. Memberikan pelajaran yang baik
  4. memberikan ketegasan identitas Nasional dan kpribadian suatu Bangsa
  5. Sumber inspirasi
  6. sarana rekreatif
9. Untuk mengatasi kekurangan-kekurangan dalam penelitian sejarah lisan maka dilukukan wawancara secara slimutan. Jelaskan maksud pernyataan tersebut?
  • Untuk mengatasi kekurangan dalam penelitian sejarah lisan, maka dilakukan wawancara yang simultan, artinya wawancara secara sekaligus terhadap sejumlah pelaku yang mengalami peristiwa yang sama. Dengan cara ini, dapat diperoleh dua hasil yang tidak tercapai dengan wawancara perorangan. pertama, para pelaku itu akan saling bantu mengingat ingat berbagai unsur peristiwa yang bersama-sama mereka alami. ini terutama terasa apabila para pelaku sudah berusia agak lanjut. keuda, secara sekaligus kita dapat mencocokan berbagai data yang diajukan oleh pelaku, karena menurut pengalaman berbagai pelaku dari peristiwa yang sama dapat mempunyai persepsi yang berbeda-beda.
10. sebutkan ciri-ciri suatu peristiwa yang dapat digolongkan sebagai peristiwa sejarah?
  • Suatu peristiwa yang digolongkan sebagai sejarah jika memiliki ciri-ciri:
  1. Unik dan
  2. Mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan
11. Sebutkan empat tahapan yang dilakukan oleh para sejarawan dalam penulisan kembali masa lampau?
  • Empat tahapan yang dilakukan oleh para sejarawa dalam upaya penulisan kembali masa lampau adalah sebagai berikut:
  1. Heuristik
  2. Kritik
  3. Interpretasi
  4. Historiografi
12. Apakah yang dimaksud dengan prasasti dan sebutkan kegunaannya?
  • Prasasti adalah artefak yang berupa huruf-huruf, kata-kata atau tanda-tanda konvensional yang dipahat atau ditulis pada bulan yang tidak musnah, seperti batu, Tanah liat, baik yang dibakar maupun yang dijemur, logam yang berupa emas, perak, perunggu dan tembaga serta tanduk binatang. prasasti dalam pengertian modern juga bearti batu permata atau tanda peringatan. prasasti dibuat untuk menyampaikan informasi, mencatat peristiwa yang dianggap penting atau sekadar keindahan. Prasasti merupakan salah satu sumber sejarah yang penting untuk penulisan sejarah kuni.
13. Jelaskan corak kehidupan masyarakat zaman Neolitikum!
  • Corak kehidupan masyarakat zaman Neolitikum adalah :

  1. Penduduknya sudah menetap
  2. Perkakasnya terbuat dari batu yang sudah dihaluskan,
  3. sudah dapat memproduksi makanan (food producing)


14.Sebutkan ciri-ciri kehidupan manusia pada masa food Producing!
  1. Bercocok tanam
  2. Beternak
  3. Menangkap ikan
  4. membuat wadah dan gerabah
  5. Hidup menetap
  6. membuat rumah panggung
  7. Sudah mengenal tembikar dan menenun
15. Sebutkan peninggalan-peninggalan kebudayaan pada zaman meghalitikum!
  1. Menhir, suatu bentuk tugu batu tempat memuja dan mendatangi roh nenek moyang.
  2. Dolmen, sebuah meja batu tempat saji
  3. Keranda, peti jenazah yang terbuat dari batu
  4. Kubur Batu, arca nenek moyang
  5. Punden berundak-undak, bangunan suci tempat pemujaan yang terbuat dari batu dan bertingkat-tingkat.
16. sebutkan pokok-pokok persamaan kebudayan kuno di Asia-Afrika!
  1. Terdapat di Lembah Sungai yang subur
  2. kepercayaan bersifat politheisme
  3. Kekuasaan raja bersifat feudal
  4. kerajaan memiliki kekuasaan yang sangat besar
  5. Mata pencaharian pokok penduduknya bertani dan bercocok tanam.
17. Jelaskan penyebab zaman Neolitikum mengalami perkembangan yang sangat pesat dibandingkan zaman sebelumnya!
Zaman Neolitikum mengalami perkembangan yang sangat pesat dibandingkan zaman sebelumnya disebabkan adanya migrasi secara bergelombang penduduk proto melayu dan Yunnan, Cina Selatan ke Asia Tenggara, termasuk ke Indonesia. Pendatang baru tersebut membawa kebudayaan kapak persegi. Peninggalan kebudayaan jaman Neolitikum hamper diseluruh kepulauan Nusantara, sehingga menutut R. Soekmono kebudayaan Neolitikum inilah yang menjadi dasar kebudayaan Indonesia sekarang.

18. Jelaskan beberapa Hipotesis mengenai masuknya agama hindu-Budha di Indonesia!
  1. Hipotesis Ksatria : Hipotesis ini menyatakan bahwa Indonesia pernah dikolonisasi oleh Bangsa India, golongan yang melakukan penaklukan ini adalah golongan ksatria.
  2. Hipotesis Waisya : Hipotesis ini diajukan leh N.J.Krom merupakan pada perenan pada pedagang dalam penyebaran berkat kebudayaan India di Indonesia dan diikuti dengan proses perkawinan antara pedagang India dan Wanita Indonesia. Hipotesis ini banyak dianut oleh para ahli walaupun demikianm hipotesis ini masih mengecilkan peranan pedagang Indonesia.
  3. Hipotesis Brahmana : Hipotesis ini merupakan reaksi dari kedua hipotesis menurut hipotesis ini tidak terdapat adanya bukti yang menunjukan bahwa bangsa Indonesia ditaklukan oleh bangsa India. Van Leur mengajukan hipotesis Brahmana, yaitu penyebaran tersebut dilakukan oleh golongan Brahmana yang datang atas undangan bangsa Indonesia untuk menyebarkan agama hindu.Van Leur berhipotesis bahwa kontak penguasan Indonesia dengan penguasa India terjadi berkat berhubungan dagang. Dalam kontak tersebut, banyak orang Indonesia yang datang ke India untuk dapat belajar dari negeri itu sebelum pulang ke Indonesia, mereka mengundang golongan bagaimana untuk datang ke Indonesia
  4. Hipotesis Arus Balik : Hipotesis Brahmana mendapat dukungan FDK Bosh. Bosh mengajukan hipotesis arus balik. Hipotesis ini menekankan peranan bangsa Indonesia dalam proses penyebaran kebudayaan Hindu dan Buddha di Indonesia. menurut Bosh, penyebaran budaya India di Indonesia dilakukan oleh para cendikiawan atau golongan terdidik. golongan ini dalam penyebaran budayanya melakukan proses penyuburan yang terjadi dalam dua tahap yaitu sebagai berikut.
  • Pertama, proses penyuburan ini dilakukan oleh golongan pendeta Buddha atau para bhiksu. mereka menyebar keseluruh Asia, termasuk Indonesia melalui jalur pedagangan
  • Kedua, Proses penyuburan ini dilakukan oleh golongan Brahmana terutama di aliran Saiva-siddhanta yang banyak diundang Indonesia. mereka melakukan upacara Vratyastoma untuk menghindukan seseorang.


19. Jelaskan penyebab aturan pembagian kasta yang lahir dari proses Hinduisasi tidak banyak mempengaruhi tata kehidupan masyarakat Indonesia di pedesaan!
  • Aturan kasta tertanam dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena tidak sesuai dengan tatanan kehidupan yang berkembang di masyarakat pada waktu itu, masyarakat hidup dengan kebudayaan yang berkembang sebelum kedatangan kebudayaan Hindu-Buddha. Masyarakat di daerah pedesaan tetap hidup berdasarkan azas kekeluargaan, gotong royong, musyawarah dam mufakat.
20. Jelaskan hubungan antara local genius dan masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia?
  • Bangsa Indonesia memiliki kecakapan setempat atau biasa disebut local genius. Local Genius menjadi dasar yang kuat untuk mengembangkan kebudayan yang dipelajari dari luar.
  1. Dengan kecakapan tersebut bangsa Indonesia mampu memilih kebudayaan mana yang sesuai dengan kebudayaan yang telah dimiliki sebelumnya.
  2. Dengan Local Genius, unsur-unsur kebudayaan Indonesia lama yang sebelumnya telah dimiliki bangsa Indonesia tidak hilang begitu saja. Bahkan sebaliknya dijadikan dasar untuk mengembangkan kebudayaan baru. maka kebudayaan baru yang lahir merupakan hasil dari proses belajar.
21. Berisi tentang apakah kitab Mahabrata itu? apa bedanya dengan kitab Ramayana?
  • Kitab Mahabarata menceritakan perang saudara yang sangat dahsyat. didalamnya terdapat bagian yang disebut Bhagavadgita atau Nyanyian Tuhan. Adapun kitab Ramayana lebih singkat dari kitab Mahabarata. didalamnya tedapat pula cerita tentang kepahlawanan. Perbedaan kedua kitab ini adalah jika Mahabarata lebih mengutamakan peperangan dan petualangan, maka Ramayana lebih kepada sifat-sifat ksatria.
22. Apa yang dimaksud dengan Trimurti?

  • Dewa Brahmana, sebagai Dewa pencipta
  • Dewa Wisnu, sebagai dewa pemelihara
  • Dewa Siwa, sebagai dewa perusak
23. Sebutkan pokok-pokok persamaan kebudayaan kuno di Asia-Afrika!
  • Terdapat di Lembah Sungai yang subur
  • Kepercayaan bersifat politheisme
  • kekuasaan raja bersifat feudal
  • kerajaan memiliki kekuasaan yang sangat besar
  • mata pencaharian pokok penduduknya bertani dan bercocok tanam
24. Salah satu ciri perubahan dalam kehidupan masyarakat prasejarah adalah membuat bangunan. apa nama bangunan tersebut dan sebutkan kegunaannya!
  • Punden Berundak yaitu bangunan pemujaan yang tersusun bertingkat-tingkat jika dilihat dari samping maka bentuknya menyerupai tangga.
25. Salah satu wujud peninggalan budaya masyarakat prasejarah di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan adalah peninggalan di gua Liang Bangkai yang didalamnya terdapat ....
  • Lukisan dinding gua.

Sumber : Yulianti, 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Sejarah Indonesia & Dunia untuk SMA/MA


Komentar