Ninja Shinobi Dunia nyata

Assalamualaikum ...
Jumpa lagi dengan blog saya



Siapa disini yang menyukai film anime yang berjudul naruto
Yah.. anime naruto adalah anime yang mengisahkan tentang kehidupan para ninja yang awalnya merupakan serial manga karya Masashi Kishimoro yang pertama kali diterbitkan di Jepang dan pada tahun 2000-an anime naruto ditayangkan di Indonesia.

Bahkan sebagian dari penonton anime ini terobesesi untuk menjadi ninja


Nah, kebanyakan kita menganggap bahwa ninja hanya ada didalam imajinasi saja berupa film atau manga. padahal ternyata ninja juga ada di dunia nyata.

Bagaimanakah kisah kehidupan para ninja di dunia nyata ?
Mari kita bahas pada pada blog kali ini.

Ninja atau shinobi dalam bahasa jepang secara harafiah berarti seseorang yang bergerak secara rahasia dan merupakan seorang mata-mata jaman feodal di Jepang yang telah terlatih dalam seni ninjutsu yaitu seni pergerakan sunyi di Jepang.
Hampir sama dengan jenis yang dipakai naruto cs

Ninjutsu merupakan ilmu yang diwariskan leluhur mereka dari hasil penyempurnaan seni berperang selama puluhan generasi.

Menurut para ahli sejarah, hal tersebut telah berlangsung selama 4 abad dimana terdapat sebuah catatan sejarah yang mengatakan bahwa sekitar abad ke 9 terjadi eksodus dari Cina ke Jepang.

Hal ini terjadi karena runtuhnya Dinasti Tang dan adanya pergolakan politik sehingga banyak pengungsi meminta perlindungan ke Jepang. Sebagian dari mereka adalah jenderal besar, prajurit dan biksu mereka menetapkan di Provinsi Iga ditengah pulau Honshu. Jenderal-jenderal yang mengungsi tadi membawa pengetahuan mereka berupa strategi militer, filsafat kepercayaan, konsep kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan falsafah tradisional.

Semunaya menyatu dengan kebiasaan setempat yang akhirnya membentuk ilmu yang bernama ninjutsu.

Menurut sebagian besar orang yang menggunakan seni ninjutsu, keahlian yang dimiliki seorang ninja bukanlah keahlian pembunuhan, melainkan keahlian penyusupan. Hal ini diambil dari asal bunyi yaitu nin yang dimiliki arti penyusup dengan atau tanpa suara.

Sebelum terkenal dengan nama ninjutsu seni bela diri ini awalnya dikenal dengan nama Nonuse. 

Seni nonuse atau biasanya disebut dengan seni bertindak diam-diam adalah salah satu praktik keagamaan yang dilaukan oleh para pendeta yang pada saat itu bertugas memberikan info kepada orang-orang dipemerintah.

Sekitar tahun 645 pendeta-pendeta tersebut menyempurnakan kemampuan bela diri mereka dan mulai menggunakan pengetahuan mereka  tentang nonuse untuk melindungi diri dari intimidasi pemerintahan pusat.

Pada abad ke 14 pertarungan memperebutkan kekuasaan semakin memanas yang terjadi antar kelas berdasarkan kekayaan. lahirnya kelas-kelas ini terjadi pada tahun 794-1192 seiring berkembangnya masyarakat jeoang pada saat itu.

Keluarga kelas ini saling bertarung sama lain dan saling berusaha menggulingkan kekaisaran, hingga informasi tentang aktivitas dan kekuatan lawan menjadi penting.

Karena permintaan itu para praktisi nonuse semakin meningkat, inilah awal kelahiran ninja pada abad ke 16 Ninja sudah dikenal dan eksis sebagai suatu keluarga atau klan di kota Iga atau Koga.

Ninja pada saat itu merupakan profesi yang berhubungan erat dengan intelejen tingkat tinggi dalam pemerintah feodal para raja di Jepang.

Berdasarkan hal itu, masing-masing klan memiliki tradisi mengajarkan ilmu bela diri secara rahasia dalam keluarga saja.

Para ninja dipanggil oleh Daimyo (orang yang memiliki pengaruh besar disuatu wilayah) untuk mengumpulkan informasi, merusak dan menghancurkan gudang persenjataan ataupun gudang makanan musuh serta memimpin pasukan penyerbuan dimalam hari. 

Pada awal abad ke 15 barulah ada latihan khusus untuk para mata-mata demi menyelesaikan tugas mereka. pada sekitar abad inilah kata shinobi muncul dengan jelas mengidentifikasikan kelompok agen rahasia. Ada bukti dalam dokumen bersejarah era sengoku yang menyebut tentara rahasia sebagai shinobi.

Di era ini para shinobi memiliki beberapa peranan yaitu mematai-matai, melindungi, menyerang tiba-tiba, keluarga ninja berkumpul membuat suatu serikat yang lebih besar dengan wilayah masing-masing.

Ninja juga memiliki sistem jabatan atau kedudukan ada kelas Jaonin yang merupakan tingkatan tertinggi diikuti oleh Chounin dan yang paling bawah adalah Genin

Jinichi kawakami seorang pria asal Jepang yang disebut-sebut sebagai ninja terakhir yang ada dijaman sekaran. 



Pria yang sebenarnya memiliki latar belakang sebagai seorang insinyur ini trenyata merupakan pemimpin ke 21 dari klan bernama Ban. klan tersebut sendiri merupakan dinasti mata-mata rahasia yang baru bisa dilacak sejarahnya kurang lebih 500 tahun lalu. pria berusia 63 tahun tersebut, menceritakan bahwa mungkin banyak orang memanggilnya sebagai ninja terakhir karena tidak ada orang lain yang pernah mempelajari keterampilan khusus. yang mana keterampilan tersebut sudah diturunkan langsung oleh guru ninja selama sekitar 5 abad terakhir.

Kalau biasanya sesuatu yang langka itu justru akan dilestarikan tapi hal yang berbeda dilontarkan oleh Jinichi Kawakami

Sebagai ninja terakhir bukannya menurunkan ilmunya pada penerus pria ini justru menyimpannya sendiri, Jinichi berpendapat bahwa ninja sudah tidak ada lagi karena segala tentang hal tersebut sudah tidak sesuai dengan perkembangan di jaman modern ini, keterampilan ninja sudah tidak dibutuhkan masa sekarang ini. itulah mengapa keterampilan ninja sekarang hanya bagian dari seni.

Selain itu Jinichi juga sudah memutuskan agar ilmu ninja yang ia miliki mati bersamanya saja

Namun meski tidak diajarkan kepada siapun, pria ini tidak ingin melupakan kehidupan ninjanya, sebab itulah ia saat ini memutuskan untuk membuka sebuah museum ninja di Iga 22 mil dari pusat Tokyo.

Bahkan belum lama ini universitas Mie di Tokyo juga berencana membuka jurusan kuliah khusus ninja, semoga saja rencana ini terealisasi yah...

Nah itu tadi tulisan saya tentang bagaimana kehidupan para ninja atau shinobi di dunia nyata.

Cukup sekian tulisan kali ini dan selalu ingat pesan Ir,Soekarno yah 

JAS MERAH
JAngan Sekali-kali MElupakan sejarAH

Komentar